Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Sangat Merdu

 Hay sobat anda ingin jadi seorang penyanyi yang sangat bagus dan sangat terkenal? tapi suara anda kurang bagus, nah sobat jika anda ingin jadi penyanyi yang bagus, kali ini saya akan kasih tahu tips dan cara mnjadi pokal yang sangta baik, coba simak terik terik tersebut

Kamu dapat menemukan orang-orang berkumpul dan bernyanyi dengan penuh semangat bak diva profesional, padahal tanpa ada background di dunia tarik suara sama sekali loh. Nah, kalau kamu adalah salah satu dari orang-orang tersebut, belajar teknik vokal sederhana bisa jadi pilihan yang tepat buatmu.

Tenang aja, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mengikuti kelas khusus. Melatih teknik vokal dalam bernyanyi bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah dan praktis dari rumah loh. Cermati caranya baik-baik di bawah ini. 

1. Postur Tubuh

Untuk menguasai teknik bernyanyi yang paripurna, hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah dengan menyesuaikan postur tubuh yang tepat. Kamu pasti pernah dong, diingatkan oleh orang tua pada saat kecil dulu, untuk selalu berdiri dalam posisi yang tegak dan lurus. 🕴

Nasihat tersebut bukan tanpa sebab loh, postur tubuh yang baik merupakan kunci penting jika kamu ingin menguasai teknik vokal dalam bernyanyi, GenK. Dengan menempatkan tubuhmu pada posisi yang sempurna, kamu dapat lebih mudah menghasilkan suara saat bernyanyi. 

Cara yang dapat kamu lakukan untuk melatih postur tubuh yang baik adalah dengan memanfaatkan dinding di sekitarmu. Waduh, gimana tuh? Bersandarlah menggunakan punggungmu ke dinding. Tempatkan kepalamu merapat ke tembok dan pastikan dagumu sejajar dengan lantai. 

Selanjutnya, renggangkan kedua bahumu, lalu rapatkan ke dinding dan ikuti dengan membuka kaki selebar pundak. Tarik nafas dalam-dalam dan cobalah untuk rileks Latihan ini akan membentuk postur tubuh yang baik untuk membantumu bernyanyi dengan lebih lancar,

2. Konterol Napas

kontrol napas menjadi bagian yang sangat penting yang tidak boleh sampai dilewatkan saat kamu ingin belajar teknik vokal. Udara yang kamu hirup merupakan elemen esensial yang membuat kamu dapat mengeluarkan suara, hingga pada akhirnya bisa bernyanyi. 

Maka dari itu, kemampuan mengendalikan napas dengan baik akan membantu mengasah skill bernyanyi kamu, GenK. Kapasitas bernapas orang pada umumnya bisa dibilang cukup terbatas, kecuali saat sedang melakukan aktivitas fisik. 

Baca Juga 7 Tempat Wisata Di Garut Yang Begitu Indah Dan Layak Untuk Dikunjungi

Untuk itulah, olahraga rutin seperti berenang dan berlari bisa jadi pilihan yang tepat untuk membantu meningkatkan kapasitas paru-paru agar kamu dapat mengambil nafas yang lebih dalam. Dengan kapasitas bernafas yang lebih besar, kamu dapat mempertahankan suara yang konstan dan jelas saat sedang latihan menyanyi, 

Selain kapasitas yang cukup, kamu juga mesti memahami berbagai jenis pernapasan seperti di bawah ini : 

Pernapasan dada atas pernapasan pendek, dilakukan dengan cara menghirup udara seminimal mungkin ke dalam paru-paru. Cocok untuk jenis nada yang rendah, namun cukup menguras energi dan dapat membuatmu cepat lelah. 

Pernapasan perut atau pernapasan diafragma terjadi akibat otot-otot diafragma yang mengencang, sehingga udara jadi mengalir dengan lancar ke dalam paru-paru sampai ke rongga perut. Ini dia jenis pernapasan yang paling ideal saat kamu bernyanyi. Suara yang dihasilkan akan jadi lebih powerful dengan vokal yang juga lebih stabil.

3. Senam Wajah 

Suara yang dibutuhkan dalam bernyanyi dapat diproduksi berkat adanya gerakan yang terjadi pada otot-otot leher dan wajah. Untuk melatih teknik vokal saat bernyanyi, kamu wajib memulainya dengan cara melakukan senam wajah.

Tujuannya adalah untuk mempermudah kamu dalam mengendalikan tone dan pitch suara saat bernyanyi. Senam wajah dapat kamu lakukan dengan mudah dan praktis hanya dengan mengikuti beberapa gerakan simpel seperti video di atas.

Sebelum memulai latihan teknik vokal, kamu wajib mengenal terlebih dahulu berbagai jenis suara yang ada, agar proses belajarmu jadi lebih efektif dan potensi yang kamu miliki bisa dimaksimalkan dengan baik. Selamat mencoba!

Kika anda mencoba tips ini di jamin deh kamu akan mnjadi penyanyi yang bagus dan terkenal!

Post a Comment for "Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Sangat Merdu"